Situs Akan di Alihkan ke BLOG.TAMORANEWS.COM, Space Iklan Murah Email to : admin[at]tamoranews.com or 235FD217.

Orang tua ingin nama korban pemerkosaan diumumkan

Kasus pemerkosaan yang menimpa seorang mahasiswi India telah memicu kemarahan warga di negara itu. Ayah mahasiswi India yang jadi korban pemerkosaan ingin nama anaknya diberitahukan kepada masyarakat luas. Dia beralasan penyebutan nama anaknya bisa menjadi inspirasi bagi korban pemerkosaan lainnya.



Mahasiswi berusia 23 tahun yang menjadi korban pemerkosaan oleh sekelompok anggota gang kriminal di bus umum ini sempat dirawat selama beberapa hari di Singapura sebelum akhirnya meninggal dunia karena lukanya yang parah. Ayah mahasiswi itu menyampaikan keinginannya dalam wawancara dengan harian Inggris, Sunday People.

"Kami ingin dunia tahu siapa nama dia sebenarnya," katanya.

"Anak perempuan saya tidak melakukan sesuatu yang salah, dia meninggal karena membela diri dalam kejadian tersebut."

"Saya bangga dengannnya, pengungkapan namanya kepada publik akan memberikan keberanian kepada perempuan lain yang berhasil selamat dalam kasus penyerangan serupa. Mereka akan mendapatkan kekuatan dari apa yang telah dilakukan oleh anak perempuan saya."

Hal serupa sebelumnya juga disampaikan oleh Menteri Muda Pendidikan India, Shashi Tharoor yang mendesak otoritas di negara itu untuk mengungkapkan nama korban sehingga namanya bisa digunakan untuk uu baru tentang anti pemerkosaan.

Bersikap tegas

Hukum di India yang berlaku saat ini memang menlindungi korban kejahatan seksual dengan tidak menyebutkan identitas mereka ke hadapan publik. Aturan diberlakukan dengan alasan menghindari korban dari stigma masyarakat di sekelilingnya.

Meskipun aturannya memang selalu tidak belaku tegas di India, pemerintah negara itu lebih memilih tidak kompromi dalam pemeberlakuannya terhadap kasus yang mendapat sorotan dunia internasional ini.

Belakangan ini kepolisian India tengah mengusut tindakan stasiun televisi Zee News yang melakukan wawancara dengan rekan mahasiswi yang menjadi korban pemerkosaan.

Dalam wawancara tersebut dia memang tidak menyebutkan nama korban tapi polisi menilai wajah rekan korban itu terlihat oleh publik. Menurut polisi ini bisa menuntun penonton terhadap identitas korban yang selama ini dirahsiakan.

Polisi akan menyelidiki apakah Zee News melakukan pelanggaran aturan penyiaran terkait kerahasiaan identitas korban. Namun langkah polisi ini kemudian menjadi tidak jelas kelanjutannya setelah ayah korban menginginkan identitas anak putrinya disampaikan kepada publik.

0 komentar for "Orang tua ingin nama korban pemerkosaan diumumkan"

Leave a reply

Copyright © 2010 - 2014. Demo - All Rights Reserved
Hosting by : Blogger - Nazuka.net
Template inspired by detikcom
Editing by TAMORANETWORK